Selasa, 30 Oktober 2012

Perkembangan Agama Hindu di Indonesia



Kerajaan Kutai

Mungkin kerajaan Hindu yang paling tertua di Indonesia adalah Kutai Martadipura (menurut pendapat saya). Kerajaan ini diperkirakan berdiri pada abad ke-4. Dikarenakan nama lokasi ditemukannya adalah Kutai oleh sebab itu para ahli yang meneliti menyebut kerajaan ini sebagai Kerajaan Kutai Martadipura.







Jenis-jenis warisan kerajaan pasti bermacam-macam mulai dari koin, makam hinnga yupa/prasasti. Nah, salah satu peninggalan/warisan dari Kerajaan Kutai adalah yupa.  Yupa yang sangat familiar adalah berisi tentang Mulawarman  yaitu raja Kutai yang memberikan 20.000 ekor sapi kepada kaum brahmana.

        Masa-masa akhir Kerajaan Kutai Martadipura terjadi pada saat raja Kutai Martadipura Maharaja Dharma Setia tewas di tangan raja Kutai Kartanegara Aji Pangeran Anum Panji Mendapa. Perlu kita ingat jika Kutai yang saya bahas disini berbeda dengan Kutai Kartanegara yang berbasis islam. Pada akhirnya Kerajaan Kutai Kartanegara inilah yang pada tahun 1365, akhirnya yang  disebutkan dalam sastra Jawa Negarakertagama


Sumber materi ; wikipedia 
Sumber gambar ; google

Tidak ada komentar:

Posting Komentar