Senin, 08 April 2013

Resume Ilmu Budaya Dasar



        Pada topik kali ini saya akan membahas tentang resume ilmu budaya dasar, sejujurnya saya belum begitu mengerti apa makna dari resume. Sepengetahuan saya resume bisa dibilang riwayat hidup kita yang kita sisipkan pada CV untuk melamar kerja, tetapi resume yang saya bahas kali ini adalah sebuah pengertian atau lebih jelasnya definisi. Nah langsung saja kita ke inti cerita, Silahkan...
            

   Ilmu Budaya Dasar menurut pengetahuan saya adalah pengetahuan dasar yang mempelajari/mengajarkan kita untuk mengkaji masalah yang ada pada manusia dan kebudayaan. Pengetahuan Budaya dengan Ilmu Budaya Dasar tidak boleh kita samakan karena mengandung makna yang berbeda satu dengan yang lainnya. Perbedaan yang paling jelas adalah Pengetahuan Budaya hanya mengkaji permasalahan nilai-nilai manusia sebagai manusia berbudaya, pengertian ini jelas berbeda dengan pengertian Ilmu Budaya Dasar yang telah dijelaskan pada awal paragraf.


Tujuan adanya Ilmu Budaya Dasar :

      1.    Lebih mengenalkan budaya Indonesia kepada masyarakat, terutama kepada
     kaum intelektual seperti mahasiswa.
      2.    Mempelajari apa saja masalah-masalah budaya yang sering terjadi pada diluar maupun didalam
           negeri.
      3.    Mendidik mahasiswa/masyarakat untuk lebih mencintai budaya sendiri daripada budaya negara
           lain.
      4.    Membuat mahasiswa/masyarakat dapat menyelesaikan permasalahan budaya yang ada.


     Di Indonesia ini terdapat banyak sekali budaya yang tersebar, tapi perbedaan ini tidak menghalangi kita untuk saling berbagi kasih sayang serta kepedulian kepada sesama. Hal ini disebabkan karena kasih sayang serta kepedulian lah yang sesungguhnya menjadi dasar dari segala budaya yang ada di Indonesia. 



Sumber materi : 1. abdirachmadi's blog
                           2. hbelric's blog


Tidak ada komentar:

Posting Komentar