Rabu, 09 Januari 2013

Pembinaan dan Pengembangan Generasi Muda




Pada era globalisasi seperti ini, di dunia pendidikan khususnya lembaga pendidikan telah dipertemukan dengan perkembangan zaman yang begitu pesat. Perkembangan ini biasanya mempunyai dua dampak, yaitu positif dan negatif. Dampak negatif merupakan sesuatu yang sangat mengkhawatirkan bagi semua kalangan terutama bagi generasi muda kita. Misalnya, penyalahgunaan obat terlarang,  minum-minuman keras, seks bebas serta perilaku menyimpang lainnya.

Ada beberapa pihak yang memiliki peran dalam pembinaan generasi muda, yaitu :
1. Orang Tua
2. Guru
3.  serta Masyarakat

Seperti yang sudah disebutkan diatas orang tua merupakan prioritas penting sebagai awal pembentukan karakter sang generasi muda. Prioritas kedua adalah guru karena dari merekalah insan-insan muda kita diberi pendidikan serta akhlakul kharimah untuk menghadapi dunia luar. Masyarakat juga tidak dapat dianggap remeh karena disanalah generasi muda kita bergaul serta mempunyai teman-teman, apabila lingkungannya buruk maka berdampak pula pada karakter sang generasi muda.

Diperlukan pengawasan dari ketiga pihak yang sudah dijelaskan tadi untuk menghindarkan generasi muda dari dampak negatif era Globalisasi. Maka dari itu marilah kita jaga dan didik generasi penerus kita ke arah yang lebih baik agar dapat mengharumkan nama bangsa kita.



Sumber materi    : koran pendidikan
Sumber gambar  : google

Tidak ada komentar:

Posting Komentar