Bentuk-Bentuk Pasar
1.
Bentuk pasar menurut sifat barang dan
penyerahannya :
a.
Pasar Konkret / Nyata
Pasar ini merupakan tempat bertemunya
penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi jual beli. Dalam pasar nyata
terdapat penjual, pembeli dan barang yang diperjualbelikan dalam suatu tempat.
b.
Pasar Abstrak
Adalah proses interaksi (hubungan
timbal balik) yang dilakukan penjual dan pembeli dalam rangka mencapai
kesepakatan harga dan barang (output) yang akan diperjualbelikan.
2.
Bentuk pasar menurut luas wilayah
kegiatannya :
a.
Pasar Setempat
Adalah pasar yang hanya digunakan oleh
anggota masyarakat yang meliputi suatu daerah kecil tertentu.
b.
Pasar Daerah
Adalah pasar yang meliputi daerah
tertentu, misalnya pasar-pasar di kota kabupaten.
c.
Pasar Nasional
Merupakan pasar yang meliputi suatu
wilayah negara tertentu.
d.
Pasar Internasional
Adalah pasar yang memperdagangkan
barang-barang yang penjual dan pembelinya meliputi seluruh dunia.
3.
Bentuk pasar menurut organisasi pasar
a.
Pasar persaingan sempurna
Adalah pasar yang terdapat banyak
penjual dan pem beli, sehingga harga tidak bisa ditentukan oleh masing-masing
penjual/pembeli. . Sifat-sifat pasar persaingan sempurna :
·
Jumlah penjual dan pembeli banyak
·
Barang yang dijual sejenis, serupa dan
mirip satu sama lain
·
Penjual bersifat pengambil harga
(price taker)
·
Harga ditentukan mekanisme pasar
permintaan dan penawaran (demand and supply)
·
Posisi tawar konsumen kuat
·
Sulit memperoleh keuntungan di atas
rata-rata
·
Sensitif terhadap perubahan harga
·
Mudah untuk masuk dan keluar dari
pasar
b.
Pasar Persaingan Monopolistik
Pasar persaingan monopolistik
didefinisikan sebagai suatu keadaan pasar dimana terdapat banyak produsen yang
memasarkan suatu produk yang memiliki kegunaan inti yang sama, namun berbeda
dalam brand loyalty dan pelayanan (service).
Ciri-ciri Pasar Persaingan
Monopolistik :
·
Banyak produsen dalam satu industri.
·
Bebas masuk dan keluar (free entry and
exit).
·
Produk berbeda corak (differentiated
product).
Karakteristik Pasar Persaingan Monopolistik
·
Produk yang terdiferensiasi
(differentiated product).
·
Jumlah perusahaan banyak dalam industri
(large number of firms).
·
Bebas masuk dan keluar pasar (free
entry and exit).
Keseimbangan
Jangka Pendek
Keseimbangan perusahaan dalam pasar persaingan
monopolistik terjadi apabila syarat MC = MR terpenuhi. Karena memiliki daya monopoli,
walau terbatas, kondisi keseimbangan perusahaan yang bergerak dalam pasar
persaingan monopolistik sama dengan perusahaan yang bergerak dalam pasar
monopoli.
Keseimbangan Jangka Panjang
Keseimbangan
perusahaan dalam jangka panjang pada pasar persaingan monopolistik ditandai
oleh LMC = SMC = MR. Dalam jangka panjang perusahaan dalam pasar persaingan
monopolistik hanya memperoleh laba normal. Hal ini terjadi karena pada pasar
persaingan monopolistik tidak ada hambatan yang berarti bagi masuknya
perusahaan baru sehingga bagian pasar (market share) setiap perusahaan akan
semakin mengecil. Semakin banyak perusahaan baru masuk kedalam suatu industri,
semakin besar kapasitas produksi, sehingga dalam jangka panjang perusahaan
hanya memperoleh laba normal.
c.
Pasar persaingan tidak sempurna
Adalah pasar dimana jumlah pembeli
lebih banyak dibandingkan dengan jumlah penjualnya, sehingga pasar dikuasai
oleh satu atau beberapa penjual saja.
Pasar
persaingan tidak sempurna mempunyai beberapa bentuk pasar yaitu:
1)
Pasar Oligopoli
Pasar oligopoli adalah suatu bentuk
persaingan pasar yang didominasi oleh beberapa produsen atau penjual dalam satu
wilayah area. Contoh industri yang termasuk oligopoli adalah industri semen di
Indonesia, industri mobil di Amerika Serikat, dan sebagainya. Sifat-sifat pasar
oligopoli :
·
Harga produk yang dijual relatif sama
·
Pembedaan produk yang unggul merupakan
kunci sukses
·
Sulit masuk ke pasar karena butuh
sumber daya yang besar
·
Perubahan harga akan diikuti
perusahaan lain
2)
Pasar Monopoli
Pasar monopoli akan terjadi jika di
dalam pasar konsumen hanya terdiri dari satu
produsen atau penjual. Contohnya seperti microsoft windows, perusahaan listrik negara (pln), perusahaan kereta api (perumka), dan lain sebagainya. Sifat-sifat pasar monopoli :
produsen atau penjual. Contohnya seperti microsoft windows, perusahaan listrik negara (pln), perusahaan kereta api (perumka), dan lain sebagainya. Sifat-sifat pasar monopoli :
·
Hanya terdapat satu penjual atau
produsen
·
Harga dan jumlah kuantitas produk yang
ditawarkan dikuasai oleh perusahaan monopoli
·
Umumnya monopoli dijalankan oleh pemerintah
untuk kepentingan hajat hidup orang banyak
·
Sangat sulit untuk masuk ke pasar
karena peraturan undang-undang maupun butuh sumber daya yang sulit didapat
·
Hanya ada satu jenis produk tanpa
adanya alternatif pilihan
·
Tidak butuh strategi dan promosi untuk
sukses
4.
Bentuk pasar menurut waktu
penyelenggaraannya
a.
Pasar Harian
Yaitu pasar yang berlangsung setiap
hari.
b.
Pasar Mingguan
Yaitu pasar yang berlangsung
seminggu/sepekan sekali.
c.
Pasar Bulanan
Yaitu pasar yang berlangsung sebulan
sekali.
d.
Pasar Tahunan
Yaitu pasar yang berlangsung setahun
sekali. Pasar ini bersifat nasional bahkan internasional.
5.
Menurut jenis barang yang
diperjualbelikan
1. Pasar
Barang Konsumsi
Yaitu
tempat untuk memperjualbelikan barang-barang konsumsi. Contohnya :
barang-barang kebutuhan sehari-hari seperti sayur mayur, dll.
2. Pasar
Barang Produksi
Adalah
tempat untuk memperdagangkan faktor-faktor produksi. Contohnya : mesin-mesin produksi, alat pertanian dan alat transportasi.
Sumber gambar : google
Tidak ada komentar:
Posting Komentar