Minggu, 05 April 2015

Karya Ilmiah, Karya Semi-Ilmiah dan Karya Non Ilmiah



          Pada kehidupan ini kita pasti melalui jenjang pendidikan dari rendah sampai tinggi. Jenjang itu dimulai dari TK, SD, SMP, SMA dan Perguruan Tinggi, bisa dikatakan TK dan SD masih dalam tahap bermain sambil belajar. Saat SMP lah kita dihadapkan kepada tugas-tugas yang agak kompleks, seperti pembuatan karangan / karya. Karangan / karya ini bisa dikerjakan secara individu maupun berkelompok, keadaan seperti ini akan terus berlanjut sampai ke Perguruan Tinggi.

            Berdasarkan penjelasan maka saya akan memposting segala sesuatu yang berhubungan dengan karangan / karya. Sebelumnya membahas macam-macam karangan / karya, alangkah baiknya kita mengetahui pengertiannya. Karangan adalah karya tulis hasil dari kegiatan seseorang untuk mengungkapkan gagasan dan menyampaikanya melalui bahasa tulis kepada pembaca untuk dipahami. Pada postingan pertama ini saya akan membahas tentang macam-macam karangan / karya yang dibagi menjadi 3 macam, yaitu :

1.     Karya Ilmiah
Menurut sumber yang saya dapatkan karya ilmiah adalah suatu karya tulis atau karangan yang ditulis berdasarkan penelitian yang ditulis secara sistematis, berdasarkan fakta di lapangan dan dengan menggunakan pendekatan metode ilmiah.

Ciri-ciri karya ilmiah :
·         Karya ilmiah harus merupakan pembahasan suatu hasil penelitian (factual objektif). Artinya sesuai dengan objek yang diteliti.
·         Bersifat metodis dan sistematis
·         Menggunakan ragam bahasa ilmiahyang baku dan formal, bahasanya bersifat lugas agar tidak menimbulkan penafsitan dan makna ganda.

Menurut penggunaannya di bagi menjadi 2 :
1.   Karya Ilmiah Pendidikan, digunakan untuk tugas meresume pelajaran, serta persyaratan mencapai suatu gelar pendidikan, karya ilmiah terdiri dari :
a)    Paper ( Karya Tulis)
b)    Pra Skripsi
c)    Skripsi
d)    Thesis
e)    Desrtasi
2.      Karya Ilmiah Penelitian terdiri dari :
a)    Makalah seminar
b)    Laporan hasil penelitian
c)    Jurnal Penelitian


2.    Karya Semi-Ilmiah
Karangan Semi-Ilmiah adalah karangan yang menyajikan fakta dan fiksi dalam satu tulisan. Penulisannya-pun tidak semiformal tetapi tidak sepenuhnya mengikuti metode ilmiah. Jenis karangan semi ilmiah memang masih banyak digunakan misalnya dalam opini, editorial, resensi, anekdot, hikayat, dan karakteristiknya berada diantara ilmiah.

Ciri – ciri Karangan Semi-Ilmiah :
·       Emotif, kemewahan dan cinta lebih menonjol, tidak sistematis, lebih mencari  keuntungan dan sedikit informasi.
·      Persuasif, penilaian fakta tanpa bukti. Bujukan untuk meyakinkan pembaca, mempengaruhi sikap cara berfikir pembaca dan cukup informative.
·         Deskriptif, pendapat pribadi, sebagian imajinatif dan subjektif.
·         Kritik tanpa dukungan bukti.
·         Ditulis berdasarkan fakta pribadi
·         Fakta yang disimpulkan subyektif
·         Gaya bahasa formal dan popular
·         Mementingkan diri penulis


3.     Karya Non Ilmiah
Karya non-ilmiah adalah karya tulis ilmu pengetahuan yang menyajikan fakta pribadi dan ditulis menurut metodologi penulisan yang baik dan benar. Karya tulis non-ilmiah itu pun bervariasi bahan topiknya dan cara penyajiannya, tetapi isinya tidak didukung oleh fakta umum. Perbedaan Karya tulis non ilmiah dan karya tulis ilmiah:

Sifat karya non ilmiah :
·         Emotif, lebih merupakan refleksi dari sebuah perasaan yang terkadang melampui kebenaran,
·         Persuasif, yaitu bersifat mempengaruhi pikiran pembaca,
·         Deskriptif subjektif, dalam arti tidak didukung oleh data dan fakta, dan over claiming.

Macam-macam Karya Non Ilmiah :
·         Cerpen. Suatu bentuk naratif fiktif. Cerita pendek yang cenderung padat dan langsung pada tujuannya dibandingkan karya-karya fiksi yang lebih panjang.
·         Dongeng. Merupakan suatu kisah yang diangkat dari pemikiran fiktif dan kisah nyata, diakhir cerita biasanya mengandung pesan moral.
·        Roman. Adalah sejenis karya sastra dalam bentuk prosa atau ganjaran yang isinya melukisnya perbuatan pelakunya menurut watak dan isi jiwa masing-masing.
·         Novel. Sebuah karya fiksi prosa yang tertulis dan naratif, biasanya dalam bentuk cerita.
·         Drama. Adalah suatu bentuk karya sastra yang memiliki bagian untuk diperankan oleh actor.



Sumber materi :
http://fajar-alvian.blogspot.com/2013/10/karya-ilmiah-non-ilmiah-dan-semi-ilmiah.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Karangan

Sumber gambar :
google

Tidak ada komentar:

Posting Komentar